Get cash from your website. Sign up as affiliate.

TUTORIAL MEMBUAT BLOG BAGI PEMULA

11 Agustus 2009

Ini adalah tulisan pertama saya diblog ini, meskipun saya baru belajar dan masih newbie tetapi semoga blog ini bisa bermafaat.

Pada awalnnya saya bingung untuk membuat sebuah blog, karena banyak teman yang sudah mempunyai blog. Setelah cari informasi sana sini akhirnya tersusunlah blog ini meskipun masih sangat sederhana.

Perlu sobat ketahui bahwa didunia maya banyak layanan pembuatan blog tetapi dinegara kita "Indonesia" yang banyak dijumpai adalah layanan dari Blogger dan Wordpress.

Bagi sobat yang masih bingung untuk mulai membuat blog berikut saya tulis langkah-langkahnya.
Langkah pertama sebelum sobat membuat blog harus mempunyai email terlebih dahulu, saya sarankan agar membuat email di www.gmail.com karena antara Gmail dan Blogger adalah satu pemilik yaitu Google, sehingga pada saat kita akan mengakses semua layanan dari Google kita cukup menggunakan username dan password yang sama.

Selanjutnya buka www.blogger.com dengan menggunakan web browser yang anda miliki (Internet Explorer atau Mozilla Firefox), setelah halaman blogger terbuka klik create your blog now, anda akan dibawa ke form pendaftaran untuk membuat akun Google. Bagi yang menggunakan email dari Gmail langsung saja klik di sign in first kemudian isi username dan password akun google milik sobat.

Bagi pengguna email selain dari Gmail isi form pendaftaran blogger seperti ini :
Email address : (ketik alamat email anda)
Retype email adres : (ketik ulang alamat email anda)
Enter a password : (isi password yang akan digunakan untuk akun blog anda)
Type password again : (masukkan kembali password anda)
Display name : (isi nama untuk masuk blog anda)
Word Verification : (isi kata verifikasi yang sesuai)
Terakhir jangan lupa kasih tanda contreng Acceptance of terms

Tahap berikutnya harus mengisi nama untuk blog sobat,
Blog Title : (isikan buat nama untuk judul blog anda, misal: Erwins blog)
Blog address URL : (isikan URL yang akan digunakan oleh pengunjung untuk mengakses blog anda)
Sebelum sobat melanjutkan klik dulu check availability untuk mengecek apakah URL sobat sudah dipakai orang lain atau belum
Word Verifications : (isi kata verifikasi yang sesuai)
Kemudian klik tanda continue

Tahap terakhir, pilih salah satu template yang sobat sukai dengan mengeklik template yang sobat pilih tersebut lalu klik continue,selanjutnya klik start blogging untuk memulai posting tulisan .
Selamat !!!! Sekarang blog sobat telah dibuat dan tercatat di www.blogger.com.

Artikel Terkait

1 comments:

marymurphy mengatakan...

Great post. I check your blog almost every day, and I'm impressed! Excellent information, especially the last part, I appreciate such information a lot. This particular info has been on my mind for a long time. Thanks to this blog, my research is over. I have also included my WPM test profile. The WPM test not only calculates your typing speed, but also allows you to improve with the accuracy factor.

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails